7 Tempat Belanja Batik Murah di Solo


Tempat beli batik murah di Solo

Berwisata atau piknik ke kota Solo kurang afdol rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas kota Solo, seperti batik. Solo memang sudah lama dikenal sebagai sentra batik di Indonesia, bahkan sejak jaman penjajahan Belanda dahulu. Di Solo banyak sekali toko atau tempat beli batik yang tersebar di berbagai tempat.

Wisatawan dapat memilih yang masih berupa kain batik maupun dalam bentuk yang sudah jadi seperti kemeja, kebaya, gamis, baju batik anak dll. Berikut kami sampaikan 7 tempat belanja batik Solo yang bagus, murah dan sudah terkenal.

#1. Pasar Klewer

beli batik murah di Pasar Klewer Solo

Lokasinya ada di Jl. Rajiman, pasar Klewer merupakan tujuan utama para pecinta batik, baik untuk dipakai sendiri, buat oleh-oleh maupun untuk dijual kembali. Kelebihan membeli batik di Pasar Klewer adalah harga batiknya terkenal murah. Pasar Klewer juga merupakan pasar tradisional dan pusat belanja busana terbesar di kota Solo.

#2. Kampung batik Kauman    

Nama Kauman identik dengan kampung atau masyarakat yang ada di sekitar masjid. Kampung batik Kauman di Solo lokasinya dekat dengan masjid Keraton Kasunanan Surakarta. Warga Kauman Solo banyak yang memproduksi batik, dan menjualnya baik secara grosir maupun eceran. Para pengrajin batik di kampung Kauman memiliki perkumpulan yang bernama Paguyuban Batik Kauman. Alamatnya ada di Jl. Cakra, Kauman, Solo. Di tempat tersebut wisatawan dapat membeli ataupun melihat proses membuat batik.

#3. Kampung batik Laweyan

toko batik murah Laweyan Solo

Kampung batik Laweyan memiliki warisan sejarah batik yang panjang. Banyak pengrajin dan pengusaha batik lahir dari kampung ini. Itulah mengapa kampung Laweyan menjadi sentra industri batik yang terkenal sekaligus juga menjadi tujuan wisata bagi para pecinta batik yang datang ke kota Solo.

Kampung batik Laweyan berdiri diatas lahan seluas 24 ha. Di dalam kampung batik tersebut, terdapat ratusan pengrajin yang menjual berbagai motif batik, dengan harga bervariasi. Selain batik, Kampung Batik Laweyan juga menyimpan kekayaan arsitektur Jawa kuno. Kampung batik Laweyan sempat mencapai kejayaannya pada era 1970-an.

#4. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo (PGS) alamatnya ada di Jl Mayor Sunaryo No. 1, Gladag, Solo, Jawa Tengah, dan terletak di pusat kota Solo. PGS adalah pusat belanja yang banyak menjual aneka produk tekstil dan pakaian jadi, termasuk kain dan baju batik. Kios dan toko batik banyak terdapat di lantai satu dan basement PGS.

Para pedagang di Pusat Grosir tersebut melayani pembelian baik grosir maupun eceran. Mereka buka mulai jam 09.00 sampai 17.00.

#5. Beteng Trade Center

Lokasi Beteng Trade Center (BTC) masih di Jl Sunaryo, letaknya bersebelahan dengan PGS. BTC merupakan bangunan tiga lantai dan menjadi pusat belanja tekstil termasuk batik. Kios dan toko batik banyak terdapat di lantai dasar BTC. Pedagang buka sekitar jam 09.00 sampai 17.00.

#6. Lumbung Batik

Lokasi Lumbung Batik ada di Jl Agus Salim, Sondakan, Laweyan, Solo. Letaknya berdekatan dengan Kampung Batik Laweyan. Lumbung batik berdiri sejak 2010 dan diresmikan oleh Bpk Joko Widodo saat beliau masih menjabat sebagai Walikota Solo. Lumbung Batik merupakan pusat belanja batik yang relatif baru.

#7. House of Danar Hadi

House of Danar Hadi Solo

Bicara soal batik Solo tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut Danar Hadi. Dan House of Danar Hadi merupakan sebuah tempat wisata batik terpadu yang didirikan tahun 2008. Ditempat tersebut terdapat museum batik serta butik yang menjual aneka produk batik. Harga batik yang dipatok mungkin tidak murah, karena House of Danar Hadi merupakan tempat belanja batik yang ditujukan untuk kalangan menengah atas.

Beberapa motif batik Solo yang terkenal dan banyak disuka wisatawan diantaranya adalah : motif Parang, motif Kawung, Sawat, Sidomukti, Truntum, Satrio Manah, motif batik Semen Rante.

Baca juga : 21 Tempat Belanja Batik Murah di Yogyakarta

Itulah 7 tempat belanja batik murah di kota Solo. Jika ingin menambahkan silakan tulis di kolom komentar.  

0 Response to "7 Tempat Belanja Batik Murah di Solo"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *