Jam Catur Bagus, Main Catur Jadi Tertib


jam catur digital yang bagus

Jam catur bagus untuk pertandingan catur resmi

Apa itu jam catur ? Jam catur adalah jam yang khusus dirancang untuk me-manage alokasi waktu berfikir para pemain catur sehingga pertandingan catur berjalan dengan tertib, lancar dan tepat waktu (definisinya ngawur tapi bener :D). Jadi lamanya berfikir pemain catur dibatasi sesuai aturan yang disepakati.

Kebayang nggak kalau dalam turnamen catur resmi tidak ada jam catur. Pemain catur yang pinter jalannya cepat, sementara lawannya yang (maaf) bodoh, jalannya lambat. (Siput kali jalannya lambat … :D).

Yang bodoh nggak mau menyerah dan mikir serius. Sedangkan yang pinter “mau tak mau” harus lama menunggu lawannya jalan. Kelamaan nunggu, si pinter lalu ngantuk dan tertidur.

Sampai kemudian seseorang membangunkan tidurnya.

“Mas, bangun mas, lawannya sudah jalan tuh”

Pecatur yang pinter menganalisa papan catur sebentar, lalu jalan. Setelah itu tidur lagi. Karena tanpa jam catur, maka kejadian seperti ini akan terjadi berulang kali. Busyet, kalau terus-terusan begini bisa kacau permainan.

Nah, apakah Anda suka bermain catur juga ? Hmm, kalau lawan mainnya teman, tetangga, atau saudara maka Anda nggak perlu pakai jam catur. Cukup lawan mainnya dicolek dan suruh jalan. Tapi kalau buat pertandingan resmi atau setengah resmi, maka jam catur mestinya harus ada. Sebab kalau tanpa jam catur, ya itu tadi bakal kacau.

Jadi sebelum pertandingan catur resmi dimulai siapkan peralatan catur dengan lengkap. Yaitu meja, kursi, papan catur, buah catur dan jam catur.

Dua macam jam catur 


jam catur analog yang bagus
Ada dua macam jam catur, yaitu jam catur digital dan jam catur analog. Jam catur digital gambarnya seperti yang ada di awal tulisan, sedangkan jam catur analog gambarnya seperti yang ada disamping alinea ini. Meski bentuknya beda tapi fungsinya sama.

Sebelum ada jam catur, pertandingan berjalan membosankan karena bisa berlangsung sangat lama. Setelah muncul jam catur, maka alokasi waktu berfikir pemain dibatasi sehingga ada kejelasan waktu. Inilah salah satu kelebihan menggunakan jam catur, yaitu waktu berfikir antar pemain dibagi secara adil.

Lamanya waktu berfikir bisa setting sesuai kesepakatan atau aturan lain yang berlaku. Tersedia tombol untuk mode cepat atau lambat.

Fitur dan spesifikasi yang biasanya terdapat pada jam catur :

- Tombol open / close
- Tombol start / pause
- Fitur untuk mengatur waktu
- Setting bagi lama tambahan
- I-go mode
- Fitur untuk mode cepat atau lambat (fast / slow)

Beli jam catur yang bagus dimana ? 

Jam catur yang bagus bisa dibeli dimana saja. Misalnya beli di toko-toko terdekat maupun beli lewat internet di toko online yang terpercaya.

Nggak apa-apa keluar uang dikit, tapi main catur jadi tertib, lancar dan tepat waktu.

0 Response to "Jam Catur Bagus, Main Catur Jadi Tertib "

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *