Cara Mengenali Kelebihan Berat Badan - Obesitas


cara mengenali obesitas
Tahukah Anda bahwa obesitas kini menjadi salah satu masalah kesehatan “paling umum” yang dihadapi orang di seluruh dunia? Sayangnya, sampai sekarang, banyak orang yang tidak menyadari fakta bahwa obesitas adalah penyakit yang serius.

Diperkirakan kini sekitar lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia mengalami obesitas dan 750 juta lainnya kelebihan berat badan. Di USA saja, menurut survei terakhir, sekitar 60% orang dewasa Amerika kelebihan berat badan, yaitu 39.800.000 orang.

Laporan Kesehatan US National Institutes menyebut bahwa obesitas dan kelebihan berat badan adalah penyebab utama kematian kedua yang dapat dicegah di Amerika Serikat. Diperkirakan 300.000 kematian per tahun disebabkan oleh obesitas. Demikian pula, di Inggris, efek dari obesitas hampir sama. Sekitar 46% pria di Inggris dan 32% wanita kelebihan berat badan dan 17% tambahan laki-laki dan 21% wanita dianggap menderita obesitas.

Apa itu obesitas ?
Seseorang bisa disebut sebagai obesitas saat berat badannya adalah 20% atau lebih di atas berat badan normal. Obesitas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berat badan yang jauh lebih besar daripada apa yang dianggap sehat. Dengan kata lain, obesitas merupakan proporsi kelebihan lemak tubuh total.

Kriteria untuk mengukur obesitas
Ada banyak cara untuk menentukan apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak.  Para ahli sekarang percaya bahwa index massa tubuh seseorang (BMI) adalah pengukuran paling akurat.

Apakah obesitas dan kelebihan berat badan itu sama ?
Banyak orang percaya bahwa kelebihan berat badan dan obesitas ini identik atau sama. Pada  kenyataannya kedua istilah itu berbeda.

• Seorang individu disebut kelebihan berat badan (over weight) ketika BMI-nya adalah 25-29,9
• Seorang individu disebut obesitas (obesity) ketika BMI-nya 30 atau lebih.            

Pada titik ini, Anda lantas bertanya-tanya apa itu Body Mass Index (BMI) ?
Body Mass Index atau BMI adalah suatu standar yang diakui secara internasional dan digunakan oleh peneliti untuk menentukan berat badan seseorang sesuai dengan tinggi badannya. Dengan kata lain, BMI merupakan rasio berat badan terhadap tinggi badan.


0 Response to "Cara Mengenali Kelebihan Berat Badan - Obesitas"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *